Tips Menikmati Wisata dengan Sewa Bus

Menggunakan jasa sewa bus untuk mengakomodasi perjalanan dalam maupun luar kota merupakan pilihan transportasi terbaik ketika bepergian bersama keluarga besar maupun teman atau kolega. Membicarakan perihal transportasi, tentu kendaraan pribadi masih menjadi pilihan terbaik untuk digunakan di Indonesia, akibat masih kurang maksimalnya sarana dan prasarana dalam bidang transportasi umum. Tetapi, kendaraan pribadi memiliki keterbatasan, terutama pada jumlah penumpang yang tidak dapat mencakup lebih dari sembilan orang, itu pun sudah menggunakan kendaraan berjenis ELF atau menyerupai mini bus modern. Jika jumlah penumpang lebih dari kapasitas tersebut, pilihan terbaik tidak lain adalah menyewa akomodasi berupa bus dari pihak ketiga jika merasa kurang nyaman menggunakan transportasi umum.

Hal pertama yang wajib diperhatikan ketika menyewa kendaraan, terutama bus, adalah kelayakan kendaraan. Bus dapat disewakan oleh perusahaan armada bus terkait yang menyewakan kendaraan khusus untuk keperluan pariwisata, maupun oleh perusahaan jasa rental kendaraan yang cukup besar sehingga mampu menyediakan opsi kendaraan berupa bus yang berstatus milik pribadi perusahaan di mana tentu biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Pastikan bus tersebut dalam kondisi fisik yang bagus luar dalam, serta mesin terawat dengan baik. Disebutkan bahwa minimal kendaraan harus rajin menjalani servis tiga bulan sekali. Kelayakan itu selain menentukan kenyamanan penumpang juga sekaligus menjamin keselamatan mereka karena tidak ada kemungkinan kerusakan mesin yang menyebabkan insiden fatal.

Selanjutnya, sopir perlu juga menjadi salah satu pertimbangan serius. Biasanya, sopir disediakan oleh pihak penyedia kendaraan, tetapi dapat pula penyewa menyediakan sopir pribadi jika memang di antara salah satu rombongan ada yang memiliki keterampilan mengemudian bus. Keterampilan itu juga harus dipastikan terlebih dahulu, karena mengemudikan bus memiliki perbedaan yang signifikan dengan mengemudikan mobil reguler. Sopir juga sebaiknya beristirahat cukup sebelum perjalanan supaya dapat fokus dengan baik dan tidak mengantuk ketika menyetir agar terhindar dari berbagai kemungkinan insiden, karena bagaimanapun sopir merupakan sosok yang bertanggung jawab atas keselamatan seluruh penumpang di dalam bus.

Sumber: www.djogjatransport.com

Related posts: