Tips Mengobati Asam Urat

Referensi: www.spesialisobatasamurat.com

Efek samping lain dari peningkatan asam urat dalam darah adalah batu ginjal. Batu ginjal berkembang dari ginjal yang tidak efisien. Ginjal yang sedang sibuk mengolah kadar purin yang sangat tinggi cenderung kehilangan efisiensinya. Ini jelas merupakan alasan penting lain untuk memantau kadar asam purin dan asam urat dalam tubuh.

Berikut Tips Mengobati Asam Urat

  1. Menjaga Berat Badan

Orang yang kelebihan berat badan juga biasanya memiliki kadar asam urat lebih tinggi daripada populasi umum. Periset tidak sepenuhnya yakin mengapa hal ini terjadi namun penelitian berulang menunjukkan bahwa orang yang mengurangi berat badannya juga cenderung meningkatkan efisiensi tubuh dalam memproses purin. Jelas, menurunkan berat badan bisa membantu tubuh memperbaiki proses purin tapi jika kelebihan berat badan turun terlalu cepat, sebenarnya bisa ada lonjakan kadar asam urat jangka pendek.

Alasan untuk ini cukup sederhana karena tubuh kehilangan otot selama periode lapar ekstrim. Ini adalah alasan mengapa puasa atau diet yang ekstrem bukanlah ide bagus untuk menurunkan kadar asam purin dan asam urat. Ini adalah ide yang jauh lebih baik untuk menjalani diet stabil yang berfokus pada makanan dengan kadar purin rendah sambil minum banyak air putih.

  1. Hindari Minuman Ringan

Sekarang saatnya untuk kata cepat tentang minuman ringan dan kaitannya dengan peningkatan kadar asam urat. Ternyata minuman beralkohol bukan satu-satunya penjahat cair ketika sampai pada kadar asam urat tinggi dan asam urat. Orang yang hanya minum dua minuman ringan sehari memiliki kesempatan 85% lebih besar untuk mengembangkan kasus asam urat daripada mereka yang tidak. Hal ini disebabkan tingginya kadar fruktosa pada minuman ringan.

Ginjal memiliki waktu yang sulit memproses sejumlah besar fruktosa yang ditemukan dalam minuman ringan. Ini tentu saja mengarah pada pertanyaan tentang makanan bergula lainnya seperti permen atau sirup. Sebaiknya hindari pilihan makanan itu juga. Permen tinggi fruktosa dan harus dihindari juga.

 

Related posts: