Peranan Keahlian Drafter dalam Sebuah Proyek

Apa saja peranan keahlian drafter dalam sebuah proyek? Jika Anda bukan orang teknik pasti Anda bingung akan menjawab apa. Nah, pada artikel kali ini kami akan memberikan Anda pengetahuan tentang dafter. Biasanya di luar negeri juga bisa disebut dengan draftsman. Bahasa Indonesia dari drafter adalah juru gambar. Dalam proyek, tugas drafter tentu saja membuat gambar yang berkaitan dengan teknik seperti teknik sipil, teknik srsitektur, teknik aeronautical. teknik elektrikan, dan sebagainya. Sebelum kehadiran komputer pada kehidupan sehar-hari, drafter tentu saja menggambar itu semua secara manual. Mereka menggunakan meja gambar, pensil, penghapus, penggaris, kertas putih, pena rapido, dan juga berbagai peralatan menggambar lainnya.  Untuk sekarang, menggambar secara manual sudah tidak sebanyak dulu, namun masih ada beberapa SMK dan Universitas yang masih menggunakan cara manual ini.

Tugas drafter tentu saja menggambar. Mereka akan bekerja sama denagan engineer, desainer, atau arsitek. Dengan kemampuan menggambar inilah darfter akan membuat sebuah produk gambar yang akan digunakan untuk proyek nantinya. Keberadaan drafter amat sangat dibutuhkan jika proyek tersebut adalah proyek besar dan juga proyek yang mempunyai deadline yang sempit. Pada saat seperti inilah kehadiran darfter amat sangat dibutuhkan karena bisa menentukan keberhasilan dari proyek tersebut. Contohnya jika ada seorang arsitek yang ingin membuat rumah atau gedung dengan konsep dan data yang sudah dibuat dalam bentuk gambar manual atau sketsa, maka saat sudah diberikan pada drafter akan dibuat dengan gambar yang lebih detail dan juga terstruktur.

Sekarang tugas arsitek pun juga bisa merangkap sebagai seorang drafter juga. Namun ini pun terganting dari tingkat kesusahan proyek yang sedang dikerjakan sekarang. Seorang drafter bukan hanya bisa menggambar saja, namun juga menguasai ilmu teknik. Menggambar dengan software pun juga diperlukan karena sekarang akan lebih mudah lagi jika menggambar dengan software. Beberapa software yang harus dikuasasi seperti AutoCad 2D, AutoCad 3D, Corel Draw, Photshop, dan sejenisnya,

Related posts: